PROPOSAL PROGRAM KKG
KATA PENGANTAR
Tujuan
Pendidikan Nasional adalah “Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan
manusia Indonesia seutuhnya yang berkualitas, terampil, dan bertaqwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa”.
Guna mencapai tujuan ini pemerintah telah menentukan tingkat satuan-satuan pendidikan yang merupakan jenjang pendidikan yang berkelanjutan dan berkesinambungan, salah satu tingkat satuan pendidikan ini adalah satuan pendidikan dasar. Hal ini dapat kita lihat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar yang berbunyi “Salah satu bentuk Satuan Pendidikan Dasar adalah Sekolah Dasar yang memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam Sistem Pendidikan Nasional”.
Guna mencapai tujuan ini pemerintah telah menentukan tingkat satuan-satuan pendidikan yang merupakan jenjang pendidikan yang berkelanjutan dan berkesinambungan, salah satu tingkat satuan pendidikan ini adalah satuan pendidikan dasar. Hal ini dapat kita lihat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar yang berbunyi “Salah satu bentuk Satuan Pendidikan Dasar adalah Sekolah Dasar yang memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam Sistem Pendidikan Nasional”.
Sebagai salah
satu jenjang Pendidikan, keberhasilan pendidikan di Sekolah Dasar akan sangat
mempengaruhi atas proses pembelajaran selanjutnya, dengan demikian Mutu
Pendidikan telah menjadi kebijakan pemerintah yang harus diwujudkan dengan
sebaik-baiknya. Sehingga tujuan pembangunan nasional untuk menciptakan
peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas dapat tercapai.
Untuk
mencapai tujuan pendidikan nasional dengan kegiatan peningkatan mutu pendidikan
ini, salah satu usaha yang harus dilakukan adalah Meningkatkan profesionalisme
guru sebagai tenaga pengajar yang dapat menjamin mutu pendidikan secara
sistematis dan berkelanjutan. Guna mewujudkan hal ini salah satu hal penting
yang sedang dan akan terus dilakukan adalah revitalisasi Kelompok Kerja Guru
yang ada di Gugus. Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Dikdasmen No.
070/C/Kep/I/93 tentang Sistem Pembinaan Profesionalisme Guru melalui Kelompok
Kerja Guru/KKG dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah/KKKS serta Kelompok Kerja
Pengawas Sekolah/KKPS yang diimplementasikan dalam bentuk Pedoman Operasional
Pengelolaan Gugus.
Sebagai
salah satu wujud dan usaha untuk pelaksanaan profesionalisme di bidang
Pendidikan ini, Kami Pengurus Gugus I Rayon I UPTD Pendidikan Dasar Kecamatan
..............., menyusun Proposal Kegiatan KKG Gugus I sebagai Pedoman dan
Dasar dalam mengelola dan mengendalikan kegiatan gugus, sehingga kegiatan gugus
dapat berjalan seoptimal dan semaksimal mungkin dalam mencapai tujuan yang
telah ditetapkan.
Kami
menyadari meskipun kami telah berusaha dengan semaksimal mungkin dalam
penyajian Proposal ini, tetapi tetap masih banyak sekali kekurangan didalamnya.
Oleh sebab itu dengan tangan terbuka kami sangat mengharapkan kritik, saran,
dan masukan guna perbaikan dan penyempurnaan Proposal ini, sehingga dapat
menjadi acuan yang valid, akuntable, dan dapat diandalkan untuk mencapai tujuan
yang telah ditetapkan.
Semoga Allah
SWT meridhoi dan selalu memberikan petunjuk-Nya.
..............., …………………..
Ketua KKG Gugus……………,
…………………………..
NIP. ………………………
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
a. Undang-undang
republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II
pasal 2 mengamanatkan bahwa “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
b. Pada tataran
operasional, Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional diarahkan untuk memberikan
penjamin mutu pendidikan kepada masyarakat. Pada Satuan Pendidikan Dasar sesuai
dengan standar nasional dan sesuai dengan harapan serta kebutuhan masyarakat
yang terus berkembang secara dinamis dengan memberdayakan tenaga pendidik dan
tenaga kependidikan yang terwadahi dalam KKG secara khusus.
c.
Dibentuknya Gugus yang meliputi beberapa komponen didalamnya,
diantaranya Pusat Kegiatan Guru, Kelompok Kerja Guru, Kelompok Kerja Kepala
Sekolah merupakan pelaksanaan revitalisasi kegiatan untuk meningkatkan mutu
guru.
d.
Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan melaksanakan program
peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan/guru pada tahun pelajaran
2006-2007 melalui pemberian langsung/Block Grand dapat mendukung proses
revitalisasi KKG untuk meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan untuk
menuju guru yang memiliki kualifikasi sertifikat profesional.
2.
Tujuan
Dalam rangka
menciptakan guru yang professional serta berwawasan pengetahuan yang luas
dengan kemampuan dan keterampilan yang memadai, khususnya bagi tenaga pendidik
dan tenaga kependidikan tingkat Sekolah Dasar, maka gugus dijadikan sebagai
wahana untuk :
a. Meningkatkan
dan mengembangkan kompetensi guru serta memotivasi kerjasama secara kompetitif
sebagai tenaga pendidik dalam rangka menumbuhkembangkan semangat dalam
meningkatkan pembelajaran sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal/SPM dalam
rangka penjamin mutu pendidikan nasional.
b.
Arena tukar rasa pengalaman dan memecahkan masalah pembelajaran yang
dihadapi oleh guru dan sebagai tempat penyebaran informasi dan komunikasi
perubahan bidang pendidikan.
c.
Sebagai bengkel/wadah pembinaan tenaga kependidikan dalam memetakan
jalan dan berperan dalam proses peningkatan kualifikasi akademik guru.
d. Memberikan
kesempatan kepada guru yang berpotensi untuk mengembangkan kreativitas dan
berbagai kemampuan, serta wawasan pengetahuan dengan teman sejawat, dalam
proses sertifikasi guru.
e.
Memberdayakan guru pemandu Mata Pelajaran atau kelas dan pengembangan SD
Inti.
3.
Sasaran
a.
Guru Pemandu dan Guru Kelas
b.
SD Inti beserta SD Imbasnya.
c.
Pengembangan perangkat Kurikulum dan pembelajarannya.
d. Membangun
dan menciptakan kompetensi guru dalam proses sertifikasi guru professional.
4.
Hasil yang diharapkan
a.
Kompetensi guru akan meningkat menuju sertifikasi guru professional.
b.
Kinerja guru pada gugus akan diimbaskan kepada guru lainnya.
c.
Menguasai dan mampu mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan / KTSP.
d.
Mampu dan terampil dalam menyampaikan isi Kurikulum
Berbasis Kompetensi.
e. Memiliki
kemampuan dalam menyampaikan PAKEM/Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan
Menyenangkan.
f.
Guru dapat mengelola kelas sebagai managerial dan akademis.
g.
Dapat membina hubungan timbal balik antara SD Inti dan Imbas.
h. Dapat
memanfaatkan lingkungan sekolah dalam pencapaian proses pembelajaran PAKEM.
5.
Manfaat
a.
Merupakan peluang bagi guru untuk meningkatkan kompetensisesuai dengan
standar nasional.
b.
Mempunyai kemauan dalam meningkatkan PAKEM yang
bermutu dan bermakna.
c.
Menciptakan kebersamaan untuk saling memberi dan
menerima demi peningkatan mutu pendidikan.
d. Terbukanya
kesempatan untuk memberdayakan KKG sebagai Penjamin Mutu Pendidikan Sekolah
Dasar baik di daerah atau propinsi maupun nasional.
e.
Tempat menyebarluaskan informasi dan tukar rasa pengalaman pembelajaran.
BAB II
DESKRIPSI
HASIL PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN
TAHUN
PELAJARAN 20……………/ 20………….
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Waktu
|
Materi Kegiatan
|
Pelaksana
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
Merumuskan
Program Gugus
|
Juni
|
Pembuatan
Program Gugus
|
Ketua
Gugus
|
2.
|
Administrasi
Kelas
|
Juli
|
Jadwal dan
Alokasi Waktu
|
Guru
Pemandu
|
3.
|
Pembuatan
Program Pembelajaran
|
Agustus
|
Seluruh
Mata Pelajaran
|
Guru
Pemandu
|
4.
|
Evaluasi dan
Peningkatan Karir Guru dalam kenaikan pangkat
|
April dan
Oktober
|
-
Program semester
-
Persiapan Mengajar
-
Evaluasi
-
Analisis Evaluasi
-
Bimbingan dan Penyuluhan
-
Perbaikan dan Pengayaan
|
Guru di
sekolah masing-masing
|
5.
|
Persiapan
Ulangan Blok Semester I
|
September
|
-
Pembuatan kisi-kisi soal
-
Pembuatan soal dan jawabannya
-
Teknik Penilaian
|
Guru
Pemandu Mata Pelajaran
|
6.
|
Pelaksanaan
Ulangan Blok Semester I dan Pekan Kreativitas Siswa
|
Desember
|
-
Penilaian hasil Ulum
-
Pengisian Daftar Nilai
-
Pengisian Raport
-
Pencapaian TK/DS
-
Pengisian Buku Induk
|
Guru di
sekolah masing-masing
|
7.
|
Ujian
Praktek
|
Mei
|
Pembuatan Naskah Ujian Praktek
Agama, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Bahasa Sunda, Kertakes, dan Penjas
|
Guru
Pemandu Mata Pelajaran
|
8.
|
Ujian
Sekolah
|
Mei
|
-
Persiapan menghadapi Ujian Sekolah
-
Pembuatan Daftar Pengawas
-
Pembuatan Jadwal Pengawas
|
Ketua
Gugus
|
9.
|
Ulangan
Umum Semester II dan Pekan Kreativitas Siswa
|
Juni
|
-
Pembuatan Naskah Ulangan Umum Semester II
-
Pembuatan Kisi-kisi Soal Ulum
-
Pembuatan Analisis dan Penilaian
|
Ketua
Gugus
|
10.
|
Porseni
|
Maret
|
Utusan jenis perlombaan ke tingkat
Kecamatan dan kabupaten
|
Ketua
Gugus
|
11.
|
Guru
Berprestasi
|
Juni
|
Utusan Guru Berprestasi ke tingkat
Kabupaten
|
Ketua
Gugus
|
12.
|
Ujian
Sekolah
|
Juni
|
Pelaksanaan
Ujian
|
Kepala
Sekolah
|
13.
|
Diskusi,
Simulasi, dan Evaluasi
|
Januari dan
Juli
|
Kurikulum
dan Pembelajaran
|
Kepala
Sekolah
|
DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN
TAHUN
PELAJARAN 20………. / 20………..
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Waktu
|
Materi Kegiatan
|
Pelaksana
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
Merumuskan
Program Gugus
|
Juni
|
Pembuatan
Program Gugus
|
Ketua
Gugus
|
2.
|
Pendidikan
dan Pelatihan Pengurus Gugus dan KKG
|
Januari
|
Inovasi dan Pembaharuan Kegiatan
Gugus dan KKG
|
Panitia
Pelaksana Pendidikan dan Pelatihan
|
3.
|
Pembuatan Program
Pembelajaran
|
Juli
|
Seluruh
Mata Pelajaran
|
Guru
Pemandu
|
4.
|
Pekan
Kreativitas Guru dan Siswa
|
Oktober
|
Jenis
Lomba dan Seleksi
|
Panitia
Pelaksana Lomba
|
5.
|
Persiapan
Ulangan Blok Semester I
|
Oktober
|
-
Pembuatan Kisi-kisi soal
-
Pembuatan Soal dan Jawabannya
-
Teknik Penilaian
|
Guru
Pemandu Mata Pelajaran
|
6.
|
Pelaksanaan
Ulangan Blok Semester I
|
Desember
|
-
Penilaian hasil Ulum
-
Pengisian Daftar Nilai
-
Pengisian Raport
-
Pencapaian TK/DS
-
Pengisian Buku Induk
|
Guru di
sekolah masing-masing
|
7.
|
Kegiatan
Lomba
|
Mei
|
Lomba Kesenian Sunda Tingkat Gugus
|
Guru
Pemandu Mata Pelajaran
|
8.
|
Persiapan
Ujian Sekolah
|
April
|
-
Persiapan menghadapi Ujian Sekolah
-
Pembuatan Daftar Pengawas
-
Pembuatan Jadwal Pengawas
|
Ketua
Gugus
|
9.
|
Ulangan
Umum Semester II
|
April
|
-
Pembuatan Naskah Ulangan Umum Semester II
-
Pembuatan Kisi-kisi soal Ulangan Umum
-
Pembuatan Analisis dan Penilaian
|
Guru
Pemandu Mata Pelajaran
|
10.
|
Siswa
Teladan
|
Mei
|
Perlombaan Siswa Teladan tingkat
Gugus
|
Ketua
Gugus
|
11.
|
Kreativitas
Siswa
|
Mei
|
Lomba Kreativitas Siswa tingkat
Gugus, Kecamatan dan Kabupaten
|
Ketua
Gugus
|
12.
|
Ujian
Sekolah
|
Juni
|
Pelaksanaan
Ujian
|
Kepala
Sekolah
|
13.
|
Evaluasi
dan Diskusi
|
Juli
|
Pencapaian
Program Gugus
|
Pengurus
KKG
|
BAB
III
RENCANA
PROGRAM DAN KEGIATAN
A.
JENIS PROGRAM DAN TUJUAN
1.
Jenis Program
§ Mengevaluasi
Program yang sudah dan belum dilaksanakan.
§ Melanjutkan
Program yang sedang berjalan.
§ Merumuskan
jadwal pertemuan guru pemandu/guru kelas/guru mata pelajaran.
§ Mempersiapkan,
merumuskan, dan menetapkan materi kegiatan dalam setiap
pertemuan.
§ Mensosialisasikan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan/KTSP.
§ Diskusi dan
Simulasi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan/PAKEM.
§ Merumuskan
dan mencoba menyusun suatu RAPBS.
§ Menyusun
Jadwal Pelajaran Umum sesuai Standar Pelayanan Minimum.
§ Membuat
Program Pembelajaran Semester sesuai Standar Nasional Pendidikan dan
Standar Kompetensi.
§ Pertemuan
dan dialog terbuka antara Pengurus KKG, SD Inti, Pengurus KKKS, dan
Pengawas TK/SD.
§ Membuat
Kisi-kisi soal/naskah Ulangan Umum Semester I dan II.
§ Membuat
Naskah Ujian Praktek.
§ Membuat
Kisi-kisi soal Ujian Sekolah dan Membuat Naskah Ujian Sekolah.
§ Mengikutsertakan
perlombaan Guru dan Siswa.
§ Aktif dan
berperan dalam Pendidikan dan Pelatihan atau Penataran tingkat
Kabupaten dan Propinsi.
2.
Tujuan
§ Memotivasi
dan mengembangkan kompetensi guru menuju sertifikasi guru
professional.
§ Meningkatkan
kemampuan dan kinerja profesional guru.
§ Melatih
keterampilan guru dalam mengimplementasikan Pembelajaran Kurikulum
2006/KTSP.
§ Membentuk
kinerja tenaga pendidik yang berdisiplin dan bertanggung jawab.
§ Menambah
ilmu pengetahuan, kemampuan teknologi, wawasan, dan kebersamaan
serta persaudaraan dalam upaya
meningkatkan mutu pendidikan.
§ Menyebarluaskan/memberitahukan
hasil penataran kepada teman sejawat dalam
lingkungan gugus dan
mengaktualisasikannya dalam proses pembelajaran.
§ Menciptakan
proses PAKEM pada setiap kegiatan pembelajaran di sekolah.
B. RENCANA ANGGARAN KEGIATAN TAHUN 20……..– 20……….
No.
|
WAKTU
|
RENCANA DAN JENIS KEGIATAN
|
BESARNYA BIAYA
dalam rupiah
|
KET.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
Juni 20……
|
Evaluasi
Program Kegiatan yang telah dan belum dilaksanakan
|
300.000,00
|
|
2.
|
Juli 20….
|
Perumusan
dan Penyusunan Program Kegiatan KKG
|
2.000.000,00
|
|
Rapat
Koordinasi Pengurus KKG, Guru Pemandu Mata Pelajaran, Kepala Sekolah, dan
Pembina Gugus
|
||||
Kegiatan
Penyusunan Jadwal Pelajaran Umum dan Kelas
|
||||
Kegiatan
Penyusunan Program Semester
|
||||
Pembenahan
Ruangan kantor Gugus, Papan Nama, Monografi, dan lain-lain
|
||||
3.
|
Agustus
20……..
|
Pelatihan
pembuatan Kisi-kisi Evaluasi Harian dan Semester
|
500.000,00
|
|
Pembuatan
Naskah Soal Evaluasi Harian
|
||||
Pelatihan
pembuatan Analisis Hasil Evaluasi
|
||||
4.
|
September
20…….
|
Penyusunan
Kisi-kisi Ulangan Tengah/MID Semester I
|
1.500.000,00
|
|
Pembuatan
naskah soal Ulangan Tengah/MID Semester I
|
||||
Rapat
Evaluasi Program dan Kinerja Gugus Triwulan I Semester I
|
||||
5.
|
Oktober
20……..
|
Pembuatan
Agenda Harian
|
2.000.000,00
|
|
Seleksi
Lomba Mata Pelajaran tingkat Gugus
|
||||
6.
|
November
20……..
|
Penyusunan
Kisi-kisi Soal Ulangan Blok dan Ulangan Umum Semester I
|
600.000,00
|
|
7.
|
Desember
20…….
|
Pembuatan
Naskah Soal Ulangan Blok dan Ulangan Semester I
|
2.400.000,00
|
|
Seleksi
lomba Guru dan Siswa/i teladan tingkat Gugus
|
||||
Seleksi
atlet olahraga dan Peserta lomba Kesenian Porseni tingkat Gugus
|
||||
Rapat
Evalusi Program dan Kinerja Gugus Triwulan II Semester I
|
||||
8.
|
Februari
20…….
|
Rapat
Kepala Sekolah se-Gugus I
|
1.200.000,00
|
|
Penyusunan
Bimbel untuk Kelas VI
|
||||
Penyusunan
Kisi-kisi Soal Ulangan Tengah/MID Semester II
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
9.
|
Maret 20……
|
Pembuatan
Naskah Soal Ulangan Tengah/MID Semester II
|
2.100.000,00
|
|
Mengikuti
Lomba-lomba tingkat Kecamatan
|
||||
Rapat
Evaluasi Program dan Kinerja Gugus Triwulan III semester II
|
||||
10.
|
April
20…….
|
Penyusunan
Kisi-kisi Naskah Ujian Praktek untuk Kelas VI
|
1.000.000,00
|
|
Pembuatan
naskah ujian Praktek Kelas VI
|
||||
11.
|
Mei 20…..
|
Persiapan
menghadapi Ujian Sekolah Kelas VI : penyusuatan Kisi-kisi soal, pembuatan
naskah soal, pembuatan daftar dan jadwal pengawas ujian
|
1.200.000,00
|
|
Penyusunan
kisi-kisi soal Ulangan Umum Semester II
|
||||
12.
|
Juni 20…..
|
Pembuatan
naskah soal Ulangan Umum Semester II
|
1.500.000,00
|
|
Pengiriman
Guru dan siswa/I teladan ke tingkat Kecamatan/kabupaten
|
||||
Rapat
Evaluasi Triwulan IV Semester II dan rapat evaluasi tahunan Program dan
Kinerja Gugus.
|
||||
J u m l a h
|
16.300.000,00
|
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil evaluasi program
dan kajian kegiatan gugus selama 2 tahun terakhir yang kami jadikan sebagai
bahan acuan atas peningkatan kualitas dan kuantitas kegiatan dan kemajuan
program gugus, ada beberapa hal yang kami garis bawahi sebagai sebuah
kesimpulan, yaitu :
1.
Revitalisasi KKG merupakan upaya nyata untuk perbaikan dan peningkatan
mutu KKG secara langsung dan peningkatan mutu pendidikan secara umum, yang
diharapkan akan berimbas pula pada proses pengembangan professional guru.
2.
Kegiatan Gugus merupakan kebutuhan penting bagi tenaga pendidik dan
tenaga
kependidikan dalam melaksanakan
profesinya guna tercapainya tujuan pendidikan nasional.
3.
Kegiatan KKG sangat membantu pada proses terciptanya koordinasi yang baik
antara Sekolah, KKKS, Pengawas TK/SD dan komponen lain yang terdapat
didalamnya.
4.
Dengan kegiatan KKG yang terarah, terpadu, dan terintegrasi dengan baik,
guru akan dapat menambah luas wawasan kependidikannya, wawasan pengetahuannya,
penguasaan teknik pembelajarannya, sehingga akan dapat memacu kreativitas dan
aktivitasnya didalam menjalankan profesinya.
5.
Dengan tingkat keaktifan yang signifikan dan pertemuan yang intensif
dalam kegiatan KKG guru dapat berbagi rasa dan pengalaman untuk peningkatan
pembelajaran di sekolah masing-masing.
6.
Membantu guru dalam menentukan format-format administrasi yang berkaitan
dengan proses KBM.
B. Saran
Dengan berbagai pengalaman aktivitas yang telah dilaksanakan selama ini, perlu
kiranya kami mengemukakan beberapa hal penting yang harus mendapat perhatian
dan tanggapan dari pihak terkait, baik berupa saran, pendapat, maupun
rekomendasi. Hal-hal yang perlu kami sampaikan adalah :
1. Dengan
keterbatasan sarana dan prasarana kegiatan KKG diharapkan tidak menjadikan
kegiatan KKG menjadi menurun dengan adanya dukungan material dan moril dari
unsur pendidikan, baik dari para Kepala Sekolah, Pengawas TK/SD, UPTD
Pendidikan Dasar, dan Dinas Pendidikan Kabupaten ................
2.
Diperlukan adanya Dana Bantuan Langsung/Block Grand sebagai pendongkrak
mutu pendidikan melalui revitalisasi kegiatan KKG dan sarana pendukung media
dalam bentuk media cetak maupun elektronik yang memungkinkan kegiatan KKG dapat
tersalurkan dengan kemajuan teknologi dan komputerisasi dalam menyongsong era
globalisasi.
3.
Perlu adanya persamaan persepsi antar pengurus KKG dimanapun, tentang
aktivitas dan tingkat kemajuan yang diharapkan sesuai dengan standar mutu dan
standar kompetensi yang harus dicapai oleh setiap KKG.
4.
Proyek-proyek pendidikan dan latihan, penataran dan
pembekalan/sosialisasi dengan frekuensi maksimal sangat diperlukan dan
diharapkan langsung menyentuh lapisan pengurus atau guru.
5. Semua unsur
satuan pendidikan baik dari tingkat kecamatan maupun kabupaten diharapkan
berusaha memprioritaskan kinerja bagi peningkatan mutu satuan pendidikan
sesuai dengan proposi dan eksistensinya.
6. Adanya
pengakuan/perhatian dan penghargaan timbal balik serta kepercayaan dari Dinas
Pendidikan, LPMP, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Pendidikan bagi
KKG yang aktivitas dan kreativitasnya tidak diragukan.
7.
Pengurus KKG perlu dilibatkan dalam merumuskan langkah-langkah
pembelajaran yang aktual dan konseptual.
8.
Pengurus KKG merupakan kegiatan guru yang memiliki dedikasi dan reputasi
terpilih, oleh sebab itu perlu kiranya menjadi prioritas utama dalam proses
sertifikasi professional guru.
LEMBAR PENGESAHAN
KEGIATAN KKG
GUGUS I
KECAMATAN
...............
KETUA :
………………………………..
ANGGOTA :
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
Alamat
: ………………………………..
………………………………..
Kec. ............... - Kab. ...............
..............., ………………………………..
Menyetujui :
Kepala UPTD
Pendidikan
Dasar
Ketua KKG
Kecamatan
...............
Gugus I,
………………………….
…………………………
NIP.
………………………
NIP. …………………….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar