} @media screen and (max-width: 860px) { .outer-wrapper { width: 100% ; } body {font-size: 1em;line-height: 1.44; } } @media screen and (max-width: 860px) { .outer-wrapper { width: 100% ; } header-wrapper {width:100%;padding:0;margin:0 } body {font-size: 1em;line-height: 1.44; } } --> Quote:

Kamis, 12 Maret 2015

PROPOSAL KKG



PROPOSAL PROGRAM KKG

KATA PENGANTAR


      Tujuan Pendidikan Nasional adalah “Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yang berkualitas, terampil, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa”.
Guna mencapai tujuan ini pemerintah telah menentukan tingkat satuan-satuan pendidikan yang merupakan jenjang pendidikan yang berkelanjutan dan berkesinambungan, salah satu tingkat satuan pendidikan ini adalah satuan pendidikan dasar. Hal ini dapat kita lihat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar yang berbunyi “Salah satu bentuk Satuan Pendidikan Dasar adalah Sekolah Dasar yang memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting  dalam  Sistem Pendidikan Nasional”.

Sebagai salah satu jenjang Pendidikan, keberhasilan pendidikan di Sekolah Dasar akan sangat mempengaruhi atas proses pembelajaran selanjutnya, dengan demikian Mutu Pendidikan telah menjadi kebijakan pemerintah yang harus diwujudkan dengan sebaik-baiknya. Sehingga tujuan pembangunan nasional untuk menciptakan peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas dapat tercapai.

Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dengan kegiatan peningkatan mutu pendidikan ini, salah satu usaha yang harus dilakukan adalah Meningkatkan profesionalisme guru sebagai tenaga pengajar yang dapat menjamin mutu pendidikan secara sistematis dan berkelanjutan. Guna mewujudkan hal ini salah satu hal penting yang sedang dan akan terus dilakukan adalah revitalisasi Kelompok Kerja Guru yang ada di Gugus. Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Dikdasmen No. 070/C/Kep/I/93 tentang Sistem Pembinaan Profesionalisme Guru melalui Kelompok Kerja Guru/KKG dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah/KKKS serta Kelompok Kerja Pengawas Sekolah/KKPS yang diimplementasikan dalam bentuk Pedoman Operasional Pengelolaan Gugus.

Sebagai salah satu wujud dan usaha untuk pelaksanaan profesionalisme di bidang Pendidikan ini, Kami Pengurus Gugus I Rayon I UPTD Pendidikan Dasar Kecamatan ..............., menyusun Proposal Kegiatan KKG Gugus I sebagai Pedoman dan Dasar dalam mengelola dan mengendalikan kegiatan gugus, sehingga kegiatan gugus dapat berjalan seoptimal dan semaksimal mungkin dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Kami menyadari meskipun kami telah berusaha dengan semaksimal mungkin dalam penyajian Proposal ini, tetapi tetap masih banyak sekali kekurangan didalamnya. Oleh sebab itu dengan tangan terbuka kami sangat mengharapkan kritik, saran, dan masukan guna perbaikan dan penyempurnaan Proposal ini, sehingga dapat menjadi acuan yang valid, akuntable, dan dapat diandalkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Semoga Allah SWT meridhoi dan selalu memberikan petunjuk-Nya.




                                                                                                        ...............,     …………………..

                                                                                                      Ketua KKG Gugus……………,




                                                                                                            …………………………..
                                                                                                          NIP.  ………………………





BAB  I

PENDAHULUAN



1.    Latar Belakang

a.  Undang-undang republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II pasal 2 mengamanatkan bahwa “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

b.  Pada tataran operasional, Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional diarahkan untuk memberikan penjamin mutu pendidikan kepada masyarakat. Pada Satuan Pendidikan Dasar sesuai dengan standar nasional dan sesuai dengan harapan serta kebutuhan masyarakat yang terus berkembang secara dinamis dengan memberdayakan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang terwadahi dalam KKG secara khusus.

c.    Dibentuknya Gugus yang meliputi beberapa komponen didalamnya, diantaranya Pusat Kegiatan Guru, Kelompok Kerja Guru, Kelompok Kerja Kepala Sekolah merupakan pelaksanaan revitalisasi kegiatan untuk meningkatkan mutu guru.

d.    Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan melaksanakan program peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan/guru pada tahun pelajaran 2006-2007 melalui pemberian langsung/Block Grand dapat mendukung proses revitalisasi KKG untuk meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan untuk menuju guru yang memiliki kualifikasi sertifikat profesional.


2.    Tujuan

Dalam rangka menciptakan guru yang professional serta berwawasan pengetahuan yang luas dengan kemampuan dan keterampilan yang memadai, khususnya bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan tingkat Sekolah Dasar, maka gugus dijadikan sebagai wahana untuk :
a.  Meningkatkan dan mengembangkan kompetensi guru serta memotivasi kerjasama secara kompetitif sebagai tenaga pendidik dalam rangka menumbuhkembangkan semangat dalam meningkatkan pembelajaran sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal/SPM dalam rangka penjamin mutu pendidikan nasional.
b.    Arena tukar rasa pengalaman dan memecahkan masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru dan sebagai tempat penyebaran informasi dan komunikasi perubahan bidang pendidikan.
c.    Sebagai bengkel/wadah pembinaan tenaga kependidikan dalam memetakan jalan dan berperan dalam proses peningkatan kualifikasi akademik guru.
d. Memberikan kesempatan kepada guru yang berpotensi untuk mengembangkan kreativitas dan berbagai kemampuan, serta wawasan pengetahuan dengan teman sejawat, dalam proses sertifikasi guru.
e.    Memberdayakan guru pemandu Mata Pelajaran atau kelas dan pengembangan SD Inti.

3.    Sasaran

a.    Guru Pemandu dan Guru Kelas
b.    SD Inti beserta SD Imbasnya.
c.     Pengembangan perangkat Kurikulum dan pembelajarannya.
d. Membangun dan menciptakan kompetensi guru dalam proses sertifikasi guru professional.

4.    Hasil yang diharapkan

a.    Kompetensi guru akan meningkat menuju sertifikasi guru professional.
b.    Kinerja guru pada gugus akan diimbaskan kepada guru lainnya.
c.    Menguasai dan mampu mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan / KTSP.
d.      Mampu dan terampil dalam menyampaikan isi Kurikulum Berbasis Kompetensi.
e.  Memiliki kemampuan dalam menyampaikan PAKEM/Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan.
f.       Guru dapat mengelola kelas sebagai managerial dan akademis.
g.     Dapat membina hubungan timbal balik antara SD Inti dan Imbas.
h.  Dapat memanfaatkan lingkungan sekolah dalam pencapaian proses pembelajaran PAKEM.

5.    Manfaat

a.    Merupakan peluang bagi guru untuk meningkatkan kompetensisesuai dengan standar nasional.
b.     Mempunyai kemauan dalam meningkatkan PAKEM yang bermutu dan bermakna.
c.    Menciptakan kebersamaan untuk saling memberi dan menerima demi peningkatan mutu pendidikan.
d. Terbukanya kesempatan untuk memberdayakan KKG sebagai Penjamin Mutu Pendidikan Sekolah Dasar baik di daerah atau propinsi maupun nasional.
e.    Tempat menyebarluaskan informasi dan tukar rasa pengalaman pembelajaran.



BAB  II

DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN
TAHUN PELAJARAN 20……………/ 20………….

No.
Jenis Kegiatan
Waktu
Materi Kegiatan
Pelaksana
1
2
3
4
5
1.
Merumuskan Program Gugus
Juni
Pembuatan Program Gugus
Ketua Gugus
2.
Administrasi Kelas
Juli
Jadwal dan Alokasi Waktu
Guru Pemandu
3.
Pembuatan Program Pembelajaran
Agustus
Seluruh Mata Pelajaran
Guru Pemandu
4.
Evaluasi dan Peningkatan Karir Guru dalam kenaikan pangkat
April dan Oktober
-    Program semester
-    Persiapan Mengajar
-    Evaluasi
-    Analisis Evaluasi
-    Bimbingan dan Penyuluhan
-    Perbaikan dan Pengayaan
Guru di sekolah masing-masing
5.
Persiapan Ulangan Blok Semester I
September
-    Pembuatan kisi-kisi soal
-    Pembuatan soal dan jawabannya
-    Teknik Penilaian
Guru Pemandu Mata Pelajaran
6.
Pelaksanaan Ulangan Blok Semester I dan Pekan Kreativitas Siswa
Desember
-      Penilaian hasil Ulum
-      Pengisian Daftar Nilai
-      Pengisian Raport
-      Pencapaian TK/DS
-      Pengisian Buku Induk
Guru di sekolah masing-masing
7.
Ujian Praktek
Mei
Pembuatan Naskah Ujian Praktek Agama, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Bahasa Sunda, Kertakes, dan Penjas
Guru Pemandu Mata Pelajaran
8.
Ujian Sekolah
Mei
-    Persiapan menghadapi Ujian Sekolah
-    Pembuatan Daftar Pengawas
-    Pembuatan Jadwal Pengawas
Ketua Gugus
9.
Ulangan Umum Semester II dan Pekan Kreativitas Siswa
Juni
-    Pembuatan Naskah Ulangan Umum Semester II
-    Pembuatan Kisi-kisi Soal Ulum
-    Pembuatan Analisis dan Penilaian
Ketua Gugus
10.
Porseni
Maret
Utusan jenis perlombaan ke tingkat Kecamatan dan kabupaten
Ketua Gugus
11.
Guru Berprestasi
Juni
Utusan Guru Berprestasi ke tingkat Kabupaten
Ketua Gugus
12.
Ujian Sekolah
Juni
Pelaksanaan Ujian
Kepala Sekolah
13.
Diskusi, Simulasi, dan Evaluasi
Januari dan Juli
Kurikulum dan Pembelajaran
Kepala Sekolah


DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN
TAHUN PELAJARAN  20………. / 20………..

No.
Jenis Kegiatan
Waktu
Materi Kegiatan
Pelaksana
1
2
3
4
5
1.
Merumuskan Program Gugus
Juni
Pembuatan Program Gugus
Ketua Gugus
2.
Pendidikan dan Pelatihan Pengurus Gugus dan KKG
Januari
Inovasi dan Pembaharuan Kegiatan Gugus dan KKG
Panitia Pelaksana Pendidikan dan Pelatihan
3.
Pembuatan Program Pembelajaran
Juli
Seluruh Mata Pelajaran
Guru Pemandu
4.
Pekan Kreativitas Guru dan Siswa
Oktober
Jenis Lomba dan Seleksi
Panitia Pelaksana Lomba
5.
Persiapan Ulangan Blok Semester I
Oktober
-       Pembuatan Kisi-kisi soal
-       Pembuatan Soal dan Jawabannya
-       Teknik Penilaian
Guru Pemandu Mata Pelajaran
6.
Pelaksanaan Ulangan Blok Semester I
Desember
-       Penilaian hasil Ulum
-       Pengisian Daftar Nilai
-       Pengisian Raport
-       Pencapaian TK/DS
-       Pengisian Buku Induk
Guru di sekolah masing-masing
7.
Kegiatan Lomba
Mei
Lomba Kesenian Sunda Tingkat Gugus
Guru Pemandu Mata Pelajaran
8.
Persiapan Ujian Sekolah
April
-       Persiapan menghadapi Ujian Sekolah
-       Pembuatan Daftar Pengawas
-       Pembuatan Jadwal Pengawas
Ketua Gugus
9.
Ulangan Umum Semester II
April
-       Pembuatan Naskah Ulangan Umum Semester II
-       Pembuatan Kisi-kisi soal Ulangan Umum
-       Pembuatan Analisis dan Penilaian
Guru Pemandu Mata Pelajaran
10.
Siswa Teladan
Mei
Perlombaan Siswa Teladan tingkat Gugus
Ketua Gugus
11.
Kreativitas Siswa
Mei
Lomba Kreativitas Siswa tingkat Gugus, Kecamatan dan Kabupaten
Ketua Gugus
12.
Ujian Sekolah
Juni
Pelaksanaan Ujian
Kepala Sekolah
13.
Evaluasi dan Diskusi
Juli
Pencapaian Program Gugus
Pengurus KKG



BAB  III

RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN

 A.   JENIS PROGRAM DAN TUJUAN


1.    Jenis Program

§  Mengevaluasi Program yang sudah dan belum dilaksanakan.
§  Melanjutkan Program yang sedang berjalan.
§  Merumuskan jadwal pertemuan guru pemandu/guru kelas/guru mata pelajaran.
§ Mempersiapkan, merumuskan, dan menetapkan materi kegiatan dalam setiap
   pertemuan.
§  Mensosialisasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan/KTSP.
§  Diskusi dan Simulasi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan/PAKEM.
§  Merumuskan dan mencoba menyusun suatu RAPBS.
§  Menyusun Jadwal Pelajaran Umum sesuai Standar Pelayanan Minimum.
§  Membuat Program Pembelajaran Semester sesuai Standar Nasional Pendidikan dan
   Standar Kompetensi.
§  Pertemuan dan dialog terbuka antara Pengurus KKG, SD Inti, Pengurus KKKS, dan
   Pengawas TK/SD.
§  Membuat Kisi-kisi soal/naskah Ulangan Umum Semester I dan II.
§  Membuat Naskah Ujian Praktek.
§  Membuat Kisi-kisi soal Ujian Sekolah dan Membuat Naskah Ujian Sekolah.
§  Mengikutsertakan perlombaan Guru dan Siswa.
§  Aktif dan berperan dalam Pendidikan dan Pelatihan atau Penataran tingkat
   Kabupaten dan Propinsi.

2.    Tujuan
 
§  Memotivasi dan mengembangkan kompetensi guru menuju sertifikasi guru
   professional.
§  Meningkatkan kemampuan dan kinerja profesional guru.
§  Melatih keterampilan guru dalam mengimplementasikan Pembelajaran Kurikulum
   2006/KTSP.
§  Membentuk kinerja tenaga pendidik yang berdisiplin dan bertanggung jawab.
§  Menambah ilmu pengetahuan, kemampuan teknologi, wawasan, dan kebersamaan
   serta persaudaraan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.
§  Menyebarluaskan/memberitahukan hasil penataran kepada teman sejawat dalam
   lingkungan gugus dan mengaktualisasikannya dalam proses pembelajaran.
§  Menciptakan proses PAKEM pada setiap kegiatan pembelajaran di sekolah.
B.   RENCANA ANGGARAN KEGIATAN TAHUN 20……..– 20……….
No.
WAKTU
RENCANA DAN JENIS KEGIATAN
BESARNYA BIAYA
dalam rupiah
KET.
1
2
3
4
5
1.
Juni 20……
Evaluasi Program Kegiatan yang telah dan belum dilaksanakan
300.000,00

2.
Juli 20….
Perumusan dan Penyusunan Program Kegiatan KKG
2.000.000,00

Rapat Koordinasi Pengurus KKG, Guru Pemandu Mata Pelajaran, Kepala Sekolah, dan Pembina Gugus
Kegiatan Penyusunan Jadwal Pelajaran Umum dan Kelas
Kegiatan Penyusunan Program Semester
Pembenahan Ruangan kantor Gugus, Papan Nama, Monografi, dan lain-lain
3.
Agustus 20……..
Pelatihan pembuatan Kisi-kisi Evaluasi Harian dan Semester
500.000,00

Pembuatan Naskah Soal Evaluasi Harian
Pelatihan pembuatan Analisis Hasil Evaluasi
4.
September 20…….
Penyusunan Kisi-kisi Ulangan Tengah/MID Semester I
1.500.000,00

Pembuatan naskah soal Ulangan Tengah/MID Semester I
Rapat Evaluasi Program dan Kinerja Gugus Triwulan I Semester I
5.
Oktober 20……..
Pembuatan Agenda Harian
2.000.000,00

Seleksi Lomba Mata Pelajaran tingkat Gugus
6.
November 20……..
Penyusunan Kisi-kisi Soal Ulangan Blok dan Ulangan Umum Semester I
600.000,00

7.
Desember 20…….
Pembuatan Naskah Soal Ulangan Blok dan Ulangan Semester I
2.400.000,00

Seleksi lomba Guru dan Siswa/i teladan tingkat Gugus
Seleksi atlet olahraga dan Peserta lomba Kesenian Porseni tingkat Gugus
Rapat Evalusi Program dan Kinerja Gugus Triwulan II Semester I
8.
Februari 20…….
Rapat Kepala Sekolah se-Gugus I
1.200.000,00

Penyusunan Bimbel untuk Kelas VI
Penyusunan Kisi-kisi Soal Ulangan Tengah/MID Semester II
1
2
3
4
5
9.
Maret 20……
Pembuatan Naskah Soal Ulangan Tengah/MID Semester II
2.100.000,00

Mengikuti Lomba-lomba tingkat Kecamatan
Rapat Evaluasi Program dan Kinerja Gugus Triwulan III semester II
10.
April 20…….
Penyusunan Kisi-kisi Naskah Ujian Praktek untuk Kelas VI
1.000.000,00

Pembuatan naskah ujian Praktek Kelas VI
11.
Mei 20…..
Persiapan menghadapi Ujian Sekolah Kelas VI : penyusuatan Kisi-kisi soal, pembuatan naskah soal, pembuatan daftar dan jadwal pengawas ujian
1.200.000,00

Penyusunan kisi-kisi soal Ulangan Umum Semester II
12.
Juni 20…..
Pembuatan naskah soal Ulangan Umum Semester II
1.500.000,00

Pengiriman Guru dan siswa/I teladan ke tingkat Kecamatan/kabupaten
Rapat Evaluasi Triwulan IV Semester II dan rapat evaluasi tahunan Program dan Kinerja Gugus.
J  u  m  l  a  h
16.300.000,00



 


BAB  IV
PENUTUP


A.   Kesimpulan
Berdasarkan hasil evaluasi program dan kajian kegiatan gugus selama 2 tahun terakhir yang kami jadikan sebagai bahan acuan atas peningkatan kualitas dan kuantitas kegiatan dan kemajuan program gugus, ada beberapa hal yang kami garis bawahi sebagai sebuah kesimpulan, yaitu :
1.    Revitalisasi KKG merupakan upaya nyata untuk perbaikan dan peningkatan mutu KKG secara langsung dan peningkatan mutu pendidikan secara umum, yang diharapkan akan berimbas pula pada proses pengembangan professional guru.
2.     Kegiatan Gugus merupakan kebutuhan penting bagi tenaga pendidik dan tenaga 
   kependidikan dalam melaksanakan profesinya guna tercapainya tujuan pendidikan nasional.
3.    Kegiatan KKG sangat membantu pada proses terciptanya koordinasi yang baik antara Sekolah, KKKS, Pengawas TK/SD dan komponen lain yang terdapat didalamnya.
4.    Dengan kegiatan KKG yang terarah, terpadu, dan terintegrasi dengan baik, guru akan dapat menambah luas wawasan kependidikannya, wawasan pengetahuannya, penguasaan teknik pembelajarannya, sehingga akan dapat memacu kreativitas dan aktivitasnya didalam menjalankan profesinya.
5.    Dengan tingkat keaktifan yang signifikan dan pertemuan yang intensif dalam kegiatan KKG guru dapat berbagi rasa dan pengalaman untuk peningkatan pembelajaran di sekolah masing-masing.
6.    Membantu guru dalam menentukan format-format administrasi yang berkaitan dengan proses KBM.

B.   Saran
      Dengan berbagai pengalaman aktivitas yang telah dilaksanakan selama ini, perlu kiranya kami mengemukakan beberapa hal penting yang harus mendapat perhatian dan tanggapan dari pihak terkait, baik berupa saran, pendapat, maupun rekomendasi. Hal-hal yang perlu kami sampaikan adalah :
1. Dengan keterbatasan sarana dan prasarana kegiatan KKG diharapkan tidak menjadikan kegiatan KKG menjadi menurun dengan adanya dukungan material dan moril dari unsur pendidikan, baik dari para Kepala Sekolah, Pengawas TK/SD, UPTD Pendidikan Dasar, dan Dinas Pendidikan Kabupaten ................
2.    Diperlukan adanya Dana Bantuan Langsung/Block Grand sebagai pendongkrak mutu pendidikan melalui revitalisasi kegiatan KKG dan sarana pendukung media dalam bentuk media cetak maupun elektronik yang memungkinkan kegiatan KKG dapat tersalurkan dengan kemajuan teknologi dan komputerisasi dalam menyongsong era globalisasi.
3.    Perlu adanya persamaan persepsi antar pengurus KKG dimanapun, tentang aktivitas dan tingkat kemajuan yang diharapkan sesuai dengan standar mutu dan standar kompetensi yang harus dicapai oleh setiap KKG.
4.    Proyek-proyek pendidikan dan latihan, penataran dan pembekalan/sosialisasi dengan frekuensi maksimal sangat diperlukan dan diharapkan langsung menyentuh lapisan pengurus atau guru.
5.  Semua unsur satuan pendidikan baik dari tingkat kecamatan maupun kabupaten diharapkan berusaha memprioritaskan  kinerja bagi peningkatan mutu satuan pendidikan sesuai dengan proposi dan eksistensinya.
6.  Adanya pengakuan/perhatian dan penghargaan timbal balik serta kepercayaan dari Dinas Pendidikan, LPMP, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Pendidikan bagi KKG yang aktivitas dan kreativitasnya tidak diragukan.
7.    Pengurus KKG perlu dilibatkan dalam merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang aktual dan konseptual.
8.    Pengurus KKG merupakan kegiatan guru yang memiliki dedikasi dan reputasi terpilih, oleh sebab itu perlu kiranya menjadi prioritas utama dalam proses sertifikasi professional guru.






LEMBAR PENGESAHAN




KEGIATAN KKG GUGUS I
KECAMATAN ...............




KETUA              :  
………………………………..

ANGGOTA         :  
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..
………………………………..


Alamat  :  ………………………………..

………………………………..
Kec. ............... - Kab. ...............




                                                                                  ..............., ………………………………..

                      Menyetujui  :
    Kepala UPTD Pendidikan Dasar                                             Ketua KKG
               Kecamatan ...............                                                          Gugus I,




       ………………………….                             …………………………
          NIP.   ………………………                                       NIP.  …………………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar